ADS

Kamis, 10 Desember 2015

Proposal Skripsi Terbaru


ABSTRAKSI

Kreatifitas  seorang Guru dalam pembelajaran sangat dibutuhkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Dengan  hanya menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan kepada siswa tentang penggunaan ejaan dan kesesuaian karangan, selanjutnya siswa diberi tugas untuk membuat karangan bebas. Setelah pembelajaran ini siswa mengumpulkan hasil kerjanya yang selanjutnya diadakan penilaian oleh guru, kurang memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran.

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan media audio visual dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas V SD Negeri No 060955 Medanmarelan. Melalui media audio visual diharapkan pembelajaran akan lebih menarik perhatian dan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajara dan keterampilan  menulis siswa sesuai tujuan   pembelajaran yang akan dicapai.

Pembelajaran dengan media audio visual di kelas V SD Negeri No 060955 Medanmarelan, melalui langkah-langkah pembelajaran yang diawali dengan mempersiapkan dan merencanakan materi sebelum diajarkan, selanjutnya membangkitkan kesiapan siswa dalam pembelajaran yang diawali dengan apersepsi, kemudian siswa diajak untuk menyimak media audio visual yang digunakan guru dalam bentuk film anak, langkah berikutnya siswa diajak untuk lebih memahami film yang mereka lihat dengan beberapa pertanyaan yang membangun pemahaman siswa, dan yang terakhir dilakukan evaluasi sebagai hasil belajar yang akan digunakan untuk mengukur kemampuan menulis siswa.

Penelitian yang dilaksanakan melalui jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus dengan dua kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri No 060955 Medanmarelan. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar observasi kegiatan belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka diperoleh peningkatan kemampuan menulis siswa di kelas V dari Dilihat dari awal test dengan nilai rata-rata 60,75. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar meningkat dengan nilai rata-rata 63,37. Pada siklus II tingkat ketuntasan meningkat lagi menjadi rata-rata 73,75. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan paparan data bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan menulis siswa.

Kata Kunci      : Menulis, Media, Audio Visual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar