ADS

Kamis, 03 Desember 2015

contoh review tesis terbaru


NAMA MHS             :
NIM/KLS                  :
JUDUL TESIS                                             :



NAMA PEMILIK TESIS                            :

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV MIN MESJID RAYA BANDA ACEH T.A 2014/2015
RAFIDHAH HANUM
1.      PENDAHULUAN

a.       Kejelasan rumusan masalah              : 















b.      Pentingnya(signifikansi) masalah     :

















































c.       Gambaranmetodpenelitian           :




Berdasarkan latar belakang yang ditulis peneliti, nampak jelas apa yang menjadi rumusan masalah. Ini saya baca dari tahap tahap  peneliti mulai dari mengidentifikasi masalah yang muncul begitu banyak, lalu peneliti membatasi masalah terfokus pada pengaruh dua pendekatan pembelajaran yaitu ”pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis teks dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menulis teks narasi pada siswa.” Sehingga yang menjadi rumusan masalah adalah:
1.      Apakah hasil kemampuan menulis teks narasi antara kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis teks lebih tinggi dari pada yang diajar dengan pembelajaran langsung?
2.      Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan menulis narasi siswa yang diajar dengan pendekatan berbasis teks dan yang diajar dengan pembelajaran langsung?

3.      Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis teks dan pembelajaran langsung terhadap kemampuan menulis narasi?
Pentingnya masalah diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, sekolah dan penulis sendiri dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran diindonesia.
Manfaat Teoritis :
1.      Dapat menambah dan mengembangkan khasanah pengetahuan Bahasa Indonesia karena penelitian ini menyajikan alternatif dalam mengajarkan materi menulis teks narasi disekolah dengan menggunakan model pembelajran berbasis teks
2.      Untuk bahan informasi bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia agar nantinya dapat meningkatkan pelayanan dan pengajaran dalam proses pembelajaran yang lebih baik kepada para peserta didik.
3.      Untuk bahan informasi bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia agar nantinya dapat meningkatkan pelayanan dan pengajaran dalam proses pembelajaran yang lebih baik kepada para peserta didik
Manfaat Peraktis
1.      Membantu siswa meningkatkan
pemahaman menulis teks narasi agar siswa memperoleh tujuan dan hasil pembelajaran yang baik.
2.      Sumbangan pemikiran bagi guru-guru, pengelola, pengembang, dan lembaga - lembaga pendidikan dalam menjawab dinamika kebutuhan
siswa.
3.      Membantu sekolah untuk meningkatkan prestasi siswanya secara individu maupun secara keseluruhan, sehingga meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan disekolah tersebut agar menjadi lebih baik.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.                        
2.      RUMUSAN MASALAH

a.       Apakah rumusan memenuhi  :   kriteria penelitian yang baik

b.      Apakah teori yang digunakan      :
untuk mengkaji masalah
relevan  dengan  permasalahan penelitian yang diajukan




Menurut saya rumusan masalah memenuhi kreteria yang baik karena mengacu kepada peningkatan belajar siswa agar lebih baik lagi.
Menurut saya teori yang digunakan peneliti dalam mengkaji masalah sudah relevan. Terlihat dari teori teori yang dikemukakan peneliti didalam penulisan. Teori-teori tersebut mengacu pada permasalahan penelitian yang diajukan.

3.      Referensi yang digunakan

a.       Kekinian                                 :














b.      Kecukupan                             :




c.       Kesesuaian                             :


Dilihat dari tahun penulisan penelitian yaitu tahun 2014, Referensi yang digunakan adalah dibawah sepuluh tahun. Walau ada juga yang diatas sepuluh tahun seperti Arends: Richardl. 1997.Classroom Intructional Management; Gie,The Liang.2002.Terampil Mengarang; Kardi,S dan Nur.2000.Pengajaran Langsung; Keraf,Goys.2003.Argumentasi dan narasi; Suparno dan M.Yunus.2003.Keterampilan Dasar menulis; Suyanto dan Hisyam,Dj.2000.refleksi dan Reformasi Pendidikan Di Indonesia memasuki melenium III; Syafi`i,I.1999.Pengajaran
Dilihat dari banyaknya teori yng dijabarkan oleh peneliti dalam penelitian, saya rasa sudah mencukupi dengan masalah yang diteliti.
Teori yang digunakan oleh peneliti sudah sesuai dengan masalah yang diteliti. Terlihat dari referensi. Lebih lanjut peneliti juga menggunakan beberapa tetis lain sebagai bahan referensi.
4.      Metodologi Penelitian

a.       Ketepatan                                        :




b.      Kejelasan                                       :

c.       Kelengkapan                                  :







d.      Kesesuaian dengan masalah          :



Ketepatan metodologi yang dipaparkan oleh penulis terhadap rumusan masalah  sudah sesuai. Metode  yang digunakan metode Quasi eksperimen,sebab kelas yang digunakan adalah kelas yang sudah terbentuk sebelumnya.
Kejelasan dalam metodologi terlihat dari penjelasan yang dituliskan penulis dalam langkah langkah metodologi penelitian.
Kelengkapan tahap tahap dalam metodologi penelitian terlihat jelas mulai dari  dari metode, tempat dan waktu, populasi dan sampel penelitian, desain penelitian, variabel dan defenisi operasional variabel penelitian sampai pada tehnik analisis data.
Metode penelitian dengan masalah yang di teliti oleh peneliti memiliki kesesuaian. Masalah yang diteliti  pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis teks dan pembelajaran langsung, sehingga pada metodologi peneliti mnggunakan metode Quasi eksperimen perbandingan antara kelas yang I dan II.
5.      Hasil dan Pembahasan

a.      Kesesuaian dengan rumusan           :
masalah dan tujuan                                          







b.      Ketajaman pembahasan              :





Hasil penelitian yang paparkan oleh penulis sesuai dengan rumusan dan tujuan masalah.Pada rumusan masalah dijelaskan tentang perbandingan kemampuan siswa, pada bagian metodologi penelitian, peneliti memberi tes pada awal pembelajaran dan post tes pada pembelajran selanjutnya guna mendapatkan perbandingan hasil uji beda.
Bagian ini menjelaskan tentang data yang diperoleh dari survei/observasi/pengukuran
dan analisisnya. Data dapat dijelaskan dalam bentuk tabel dan atau gambar.
Interpretasi dan ketajaman analisis dari penulis terhadap hasil yang diperoleh,
termasuk pembahasan tentang pertanyaan yang timbul dari hasil observasi serta
dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi penelitian mendatang.
Hasil dan pembahasan juga memuat pemecahan masalah yang berhasil dilakukan,
perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian terdahulu)
6.      Referensi

a.       Ketepatan penulisan              :


Ketepatan penulisan referensi sudah benar dan mengikuti ketentuan tahap tahap dalam penulisan. Mulai dari penulis, judul dan penerbit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar