ADS

Selasa, 08 Desember 2015

PROPOSAL PTK IPS SD


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH.
            Sesuai dengan UUD 1945 Pasal 31:1 bahwa :Tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran/pendidikan.Salah satu tujuan Pendidikan adalah : Untuk menghasilkan mnusia yang cerdas,terampil, dan berkualitas serta berahlak mulia.Untuk mewujudkan itu semua adalah :Perelu adanya motivasi belajar yang kuat  dari dalam diri  siswa dalam belajar.Disamping hal tersebut terdapat pula faktor yang mempengaruhi kualitas Pendidikan yaitu: sarana dan prasarana Pendidikan yang masih kurang,faktor keprofesionalan Guru sebagai tenaga pendidik yang masih rendah.
           Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan tersebut,maka dalampelaksanaan pembelajaran banyak komponen-komponen yang harus dilengkapi diantaranya:Penyusuna Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP),penyediaan alat dan media pembelajaran,perbaikan metode pembelajaran,alat tes (evaluasi) sehingga dapat memudahkan Guru sebagai tenaga Pendidik didalam pelaksanaan pengelolaan kelas.Sebagai Guru tentu kita akan senang apabila siswa kita akan berhasildalam belajarnya,apalgi memiliki pengetahuan yang siap pakai saat diperlukan.Namun harapan ini daripada yang diharapkan.Ini terbukti daripada hasil ujian yang diberikan kepada siswa,dimana masih banyak jawaban siswa yang salah.
           Berdasarkan pengalaman dan penelitian Penulis di tempat mengajar yaitu:SD Negeri N0.037997 Sigalanggang. Kecamatan Pergetteng getteng Sengkut (PGGS) Kabupaten Pakpak Bharat tempat melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penulis menemukan kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) ini terlihat dari hasil beberapa kali ujian formatif yang diberikan kepada siswa kls IV yang berjumlah 11 orang hanya 45%  saja yang mendapat nilai sedang.Untuk mengatasi masalah tersebut Guru mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivsi dan hasil belajar pada mata pejalaran Matematikan dan IPS.
            I.G.A Wardani menyatakan bahwa : Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui proses pengkajian dan melakukan refleksi diri.Penulis melakukan tindakan perbaikan pembelajaran Matematika dan IPS sebanyak 3 Siklus.Disamping itu Penulis juga memberikan stimulus untuk meningkatkan minat/memotivasi siswa serta berusaha mengelolanya dengan baik,sehingga mereka dapat berhasil dalam pelajaran Matemarikan dan IPS.
            Perbaiakan pembelajran Matematika dan IPS Penulis lakukan selain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa juga untuk memenuhi laporan dalam mata Kuliah “ Penelitian Tindakan Kelas “(PTK)
            Laporan ini memuat,Pendahuluan,Perencanaan dan Pelaksanaan perbaikan pembelajaran,hasil penelitian dan pembahasan,Kajian Pustaka serta kesimpulan dan saran.
B.     RUMUSAN MASALAH
            Untuk dapat membuat perencanaan Penelitian Tindakan Kelas  yang baik,maka guru harus kembali kepada masalah yang dihadapinya sehari-hari dalam kelas.Masalah merupakan titik awal dalam melaksnakan penelitian.Adapun masalah yang dihadapi guru (Penulis) dalam proses pembelajaran sehari-hari adalah sebagai berikut :
a.       Dalam Intraksi Pembelajaran.
-          Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran ( hanya 40 % yang aktif )
-          Bila diberi pertanyaan 70 % dari 11 orang siswa tidak dapat menjawab.
-          Hanya 30 %  jawaban yang benar  jika mengerjakan soal-soal latihan.
b.       Berkaitan dengan Prestasi Belajar
-           Pada umumnya nilai prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dan IPS rendah.
-          Nilai evaluasi hasil belajar Matematika dan IPS kurang dari 40 % yang baik.
c.        Disiplin Belajar.
-          Hampir 45% siswa tidak mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR)
-          Siswa kurang serius dalam pembelajaran Matematika dan IPS sehingga hasil belajarnya rendah (tidak memuaskan )
-          Siswa banyak yang saling mencontoh ketika diberi soal-soal latihan di kelas.
-          Kurangnya percaya diri dalam diri siswa.
Masalah yang dihadapi Penulis dalam proses belajar mengajar di atas akan dirumuskan dalam rumusan masalah antara lain :
1.      Bagaimana cara yang paling efektif menanamkan pengetahuan baru pada pelajaranMatematika dan IPS ?
2.      Bagaimana cara mengkodisikan pembelajaran yang memungkinkan keterlibatan semua siswa pada pelajaran Matematika dan IPS ?
3.      Bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika dan IPS ?
4.      Metode apa yang tepat digunakan sesuai dengan karaktristik siswa SD Kls IV agar prestasi belajarnya dapat meningkat ? 
d.         Cara Memecahkan Masalah
Masalah  dapat dipecahkan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu :
v    Menciptakan intraksi belajar yang efektif dan efesien.
v    Menjelaskan konsep pembelajran secara jelas sehingga mudah dipahami Siswa.
v   Menggunakan alat peraga dan media pembelajaran
v   Mengkodisikan agar semua siswa terlibat dan aktif dalam       pembelajaran.
v   Memberikan tes formatif sebagai umpan balik untuk mengetahui keberhasilan siswa.
v   Menggunakan metode yang bervariasi dalm proses belajr mengajar.
C.       TUJUAN PERBAIAKAN PEMBELAJARAN.
                Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah : Penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri,dengan tujuan : Untuk memperbaiki kinerjanya sehingga prestasi siswa dapat lebih meningkat dari sebelumnya.


                Guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK karena :
Ø  Guru mempunyai otonomi dalam menilai dan memperbaiki kinerjanya.
Ø  Untuk mengetahui cara mengkondisikan agar semua siswa terlibat dan aktif dalam pembelajaran Matematika dan IPS
Ø  Untuk mengetahui cara meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dan IPS.
Ø  Untukmengetahuimetode yang tepat digunakan,karena guru paling akrap dengan siswanya sehingga sesuai dengan karaktristik anak SD kls IV kemudian prestasi belajarnya meningkat.

D.     MANFAAT PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN.
               Penelitian perbaikan pembelajaran yang dilakukan oleh guru  mempunyai manfaat yang cukup besar baik bagi guru,sekolah (Institusi ) ,siswa dan Pendidik secara umum.
                Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah :
1.      Manfaat bagi Guru (Sebagai Penulis)
-          Membantu guru untuk memperbaiki pembelajaran
-          Manfaat Penelitian Bagi Membantu guru berkembang secara profesisonal.
-          Meningkatkan rasa percaya diri bagi guru
-          Guru berkesempatan berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.
2.      Siswa :
 Membantu siswa agar dapat berkembang secara optimal sesuai kemampuannya
·         Untuk memotivasi siswa agar semangat dalam belajar.
·         Untuk menumbuh kembangkan rasa percaya diri bagi siswa.
·         Membuka peluang bagi siswa agar terlibat secara aktif dalam menemukan sendiri pengetahuan baru.
·         Meningkatkan prestasi belajar siswa.

                                       BAB II
KAJIAN PUSTAKA
              Proses belajar mengajar adalah : Salah satu kunci keberhasilan dari pembelajaran yang dilaksanakan.Dimana dalam hal ini yang menjadi fokus perhatian adalah :Peserta didik(Siswa) baik dari tingkat TK,SD,SMP,SMA dan Perguruan Tinggi.Dengan demikian maka perencanaan pembelajaran haruslah disusun dengan matang.Menurut Peaget (Profesi keguruan 2:1-7) bahwa Belajar tidak harus berpusat pada Guru,tetapianak harus lebih aktif namun demikian peserta didik harus dibimbing agar dapat menemukan sesuatu yang dipelajarinya.
              Bila dikaji lebih lanjut,maka bahasan ini akan lebih menarik dimana penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Multi Metode  yang dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah dasar.Ketercapaian tujuan pembelajaran merupakan salah satu indikator penilaian untuk menyatakan bahwa guru telah berhasil dalam melakukan proses belajar mengajar.Untuk dapat mencapai keberhasilan proses belajar mengajar maka banyak faktor yang harus diperhatikan oleh guru dimana sebelumnya kita akan mengkaji pengertian belajar itu sendiri.
              Menurut pendapat  Robert M.Gagul (1970) dalam Buku H.Syaiful Sagala (2003:17) menyatakan Belajar merupakan kegiatan yang kompleks dan hasil belajar merupakan kapabilitas.Kapabilitas disebabkan : 1 ). Stimulus yang berasal dari lingkungan. 2). Proses Kognitif yang dilakukan oleh pengajar.Setelah belajar orang memiliki : Ketrampilan,Pengetahuan ,Sikap dan nilai.
            Sedangkan konsep belajar menurut pandangan Bloom (1959) dalam Buku M.Syaiful Sagala (2003:33), adalah :Keseluruhan tujuan Pendidikan dibagi atas hirarki (domain) yaitu ; 1. Domain kognitif mencakup kemampuan intlektual. 2. Domain Efektif  mencakup kemampuan emosional dalam menghayati sesuatu hal,dan   3.Domain psikomotor yaitu :Kemampuan-kemampuan motorik untuk menggiatkan dan mengkordinasikan gerak.
             Konsep pembelajran menurut H.Din Wayuni,dkk (2004:3),Pembelajaran adalah : Suatu kegiatan pengajaran yang mengkondisikan sesorang belajar,dengan demikian pembelajaran lebih mempokuskan agarpeserta didik dapat belajr dengan optimal melalui berbagai kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mencapai tujuan.
A.    Pengertian Metode dan Media Pembelajaran.
v  Metode Pembelajaran adalah : Cara penyampaian pembelajaran.
I.G.AK.Wardani,(2005:2-10) ,menyatakan cara penyampaian sebagai metode.Metode Pembelajran tersebut bervareasi di antaranya : Metode Ceramah,Tanyajawab,Diskusi dan Demonstrasi.
v  Media Pembelajaran.Oleh Hambali dkk(1998) mengartikan: Media Pembelajaran adalah :Alat bantu yang digunakan untuk mewujudkan pencapaian tujuan pendidikan.
B.     Pengaruh Metode dan Media Pembelajaran terhadap belajar siswa.
Dalam rangka meningkatkan keberhasilan dalam proses belajar mengajar,maka guru harus senanti asa memperhatikan faktor-faktor pendidikan yang dapat membentuk pola intraksi atau saling mempengaruhi oleh Driyakarta (1980)disebutkan bahwa : Sedikitnya ada eman faktor pendidikan yaitu :
1.      Faktor tujuan.
2.      Faktor pendidik (Guru).
3.      Faktor Subjek (Siswa)
4.      Faktor Isi (Materi )
5.      Faktor Metode dan Media dan
6.      Faktor-faktor situasi lingkungan.
Namun demikian dalam proses belajar mengajar,guru bukan saja    mempersiapkan bahan ajar dan alat peraga saja ,tetapi guru harus menggunakan  metode yang bervareasi dan mempasilitasi pembelajaran sehingga daya ingat anak lebih tajam dari sebelumnya.
           Dengan meningkatnya daya ingat anak maka prestasi belajar siswa lebih meningkat dalam mengikuti  tes baik tertulis maupun lisan.


BAB  III
SUBJEK DAN PELAKSANAAN PENELITIAN
                     Melakukan perubahan dan perbaikan  dalam proses pembelajaran berarti mengubah manusianya baik itu idenya,cara berpikir, persepsinya dan aktivitasnya.Mengubah manusia merupakan sesuatu yang sulit,apalagi manusia itu diposisikan sebagai objek dari seseorang yang melakukan penelitian atau diubah menjadi pelaku perbaikan.
                     Pendekatan seperti ini harus dirubah,siswa diperlakukan sebagai subjek yang memiliki potensi untuk berkembang mandiri,aktif dan mampu menentukan peranannya sendiri dalam suatu proses perbaikan.
A.    TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN
Dalam melakukan perbaikan pembelajaran Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri N0.037997 Sigalanggang,dengan jadwal menurut ketentuan UNIMED(Universitas Negeri Medan).
Adapun rencana pelaksanaan perbaiakan pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut :
1.      Rencana Pelaksanaan Perbaikan
a.       Penelitian dilaksanakan di                        :  SD Negeri No. 037997 Sigalanggang.
b.      Kelas /semester                             :  IV/I
c.       Mata Pelajaran                              :  Matematika dan IPS.
d.      Jumlah Siswa                                :  11 Orang
e.       Komposisi         Laki-laki              :  5 Orang.
                         Perempuan           :  6 Orang.
f.       Kapasitas            Meja                   :  6 Buah
                          Kursi                   :  12 Buah
g.      Tingkat kemampuan Kelas            :  Sedang.
      

2.      Waktu Pelaksanaan Perbaikan untuk masing-masing Siklus sesuai dengan jadwal pelajaran di SD Negeri N.037997 Sigalanggang
NO
Mata Pelajaran
Siklus I
Siklus II
Siklus III
Hari/Tanggal /Waktu

Hari/Tanggal/Waktu
Hari/Tanggal/Waktu
1
IPS
Selasa 28-08-2012


Kamis 30-08-2012
Sabtu 1-09-2012


Pukul 08.00-08.35

Pukul 08.00-08.35.
Pukul 08.00-08.35
2
Matematika
Senin 27-08-2012

Rabu 29-08-2012
Jumat 30-08-2012


Pukul 08.00-09.10

Pukul 10.00-11.10
Pukul 08.35-09.45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar