ADS

Rabu, 27 Januari 2016

KOMPETENSI GURU PROFESIONAL

        4 Kompetensi Guru Profesional 
 
        Dalam dunia pendidikan, guru salah satu unsur terpenting yang harus ada setelah siswa. Jika seorang guru tidak memiliki sikap profesional maka, siswa yang di didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini dikarenakan, guru salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan. Dengan guru yang profesional dan berkualitas, akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas pula. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap pendidik ialah kompetensi. Kompetensi ialah seperangkat ilmu serta ketrampilan mengajar, dalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa tercapai dengan baik.

         Standard kompetensi yang tertuang ada dalam peraturan Menteri Pendidikan Nasional , mengenai standar kualifikasi akademik serta kompetensi guru dimana peraturan tersebut menerangkan bahwa guru profesional, wajib memiliki 4 kompetensi guru profesional yaitu pendagogik, kompetensi kepribadian, profesional, kompetensi sosial

Dari empat kompetensi tersebut wajib dimiliki oleh seorang guru melalui pendidikan profesi guru selama satu tahun.

Berikut penjelasan tentang empat kompetensi guru profesional ;

1.     Kompetensi Pedagogik
Kompetensi ini menyangkut kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki siswa melalui berbagai cara. Cara yang paling utama adalah dengan memahami siswa melalui perkembangan kognitif siswa, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan siswa.

2.      Kompetensi Kepribadian
Kompetensi ini salah satu kemampuan personal yang harus dimiliki guru profesional dengan cara mencerminkan kepribadian baik, bersikap bijaksana dan arif, bersikap dewasa serta berwibawa dan memiliki ahlak mulia guna sauri teladan yang baik.

3.      Kompetensi Profesional
Kompetensi ini salah satu unsur yang wajib dimiliki oleh guru, dengan cara menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam.

4.      Kompetensi Sosial
Kompetensi ini suatu kompetensi yang harus dimiliki guru melalui cara yang baik berkomunikasi dengan siswa dan dengan seluruh tenaga kependidikan, juga dengan orang tua peserta didik da masyarakat sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar