RENCANA PELAKASANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SDN
Mata
Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester :
V/1
Standar
Kompetensi :
2. Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kompetensi
Dasar :
2.1
Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau
membuat makanan.
Indikator :
1. Menyebutkan contoh
tumbuhan hijau.
2. Menjelaskan pengertian
tumbuhan hijau.
3. Membuat skema proses
fotosintesis.
4. Menjelaskan
proses fotosintesis.
5. Menyebutkan bahan yang
digunakan untuk berfotosintesis dan hasil dari fotosintesis.
Alokasi
Waktu : 2 Jam Pelajaran (2 x 35 menit)
Tujuan :
1.
Melalui
pengamatan siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan hijau.
2.
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuhan hijau.
3.
Melalui
percobaan siswa dapat membuat skema proses fotosintesis.
4.
Melalui
tanya jawab siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis.
5.
Melalui eksperimen siswa dapat
menyebutkan bahan yang digunakan untuk berfotosintesis dan hasil dari
fotosintesis.
A. Materi Ajar/Uraian Materi:
Cara
Tumbuhan Hijau Membuat Makanan
Tumbuhan dapat
membuat makanannya sendiri. Cara tumbuhan membuat makanannya itu disebut fotosintesis.
Istilah fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yang artinya pembentukan
makanan menggunakan cahaya (foto=cahaya, sintesis=pembentukan).
Cahaya dapat berasal dari matahari ataupun lampu. Cahaya diserap oleh tumbuhan
melalui zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil terdapat pada kloroplas
di dalam sel-sel daun. Tumbuhan membuat makanannya di dalam kloroplas.
Bahan-bahan yang digunakan tumbuhan untuk membuat makanannya adalah zat hijau
daun, air, karbondioksida, dan cahaya matahari ataupun lampu. Air diperoleh
tumbuhan dari dalam tanah. Air dari tanah diserap oleh akar. Setelah itu, air
disalurkan ke daun melalui pembuluh angkut (xilem). Gas karbondioksida
diperoleh dari udara yang masuk ke dalam mulut daun (stomata).
Adapun cahaya diserap oleh klorofil.
Secara singkat,
proses fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.
Proses
fotosintesis menghasilkan karbohidrat (zat makanan) yang digunakan untuk
tumbuh, berbunga, dan berbuah.
B. Model Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Model Pendekatan : Keterampilan Proses
2.
Metode Pembelajaran :
- Pengamatan
- Penugasan
- Diskusi
- Eksperimen
- Tanya jawab
C. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
- Menyampaikan salam pembuka.
- Koordinasi kelas.
- Menyampaikan tujuan dan langkah belajar.
- Memberikan apersepsi:
· Guru menanyakan kepada siswa:
a. Dari mana kalian memenuhi kebutuhan makanan? (tumbuhan
dan hewan)
b. Hewan dari mana memenuhi kebutuhan makanan? (tumbuhan
dan hewan lainnya)
c. Tumbuhan dari mana memenuhi kebutuhan makanan? (membuat
sendiri)
2. Kegiatan
Inti
a. Eksplorasi
-
Guru menugaskan siswa
mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan.
-
Guru menanyakan kepada
siswa:
a. Tumbuhan apa saja yang kalian amati?
b. Apa saja warna tumbuhan tersebut?
c. Apa yang dimaksud dengan tumbuhan hijau?
d. Bagaimana cara tumbuhan hijau membuat makanan sendiri?
e. Bahan apa saja yang diperlukan untuk berfotosintesis
dan apa saja hasil dari fotosintesis?
b. Elaborasi
-
Siswa
secara berkelompok mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan.
-
Siswa
secara berkelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan guru tentang tumbuhan
yang diamati.
-
Setelah
siswa selesai berdiskusi, siswa bersama dengan guru membahas pertanyaan
tersebut.
-
Siswa
secara berkelompok mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru.
-
Siswa
secara berkelompok melakukan eksperimen dengan dibimbing oleh guru
dan mencatat hasilnya sesuai dengan LKS.
-
Setelah
bereksperimen, siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKS.
-
Salah
satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain
memperhatikan serta menanggapinya.
-
Guru
bersama-sama dengan siswa membahas hasil diskusi LKS.
c. Konfirmasi
-
Guru
memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap hasil belajar siswa.
-
Guru
memberikan refleksi terhadap hasil belajar siswa.
3. Kegiatan
Penutup
- Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran.
- Guru mengevaluasi kegiatan siswa.
- Guru memberikan penugasan untuk mengerjakan soal-soal
tentang tumbuhan hijau pada buku
latihan.
- Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
D. Sumber/Media Pembelajaran
1. Buku sains kelas V.
- Rositawaty, S dan Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5:
untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan,
Departemen Pendidikan Nasional.
2.
Tumbuhan
hijau
E. Penilaian :
1. Teknik Penilaian : Tes tulis dan non tes
2. Bentuk Instrumen : Isian, uraian, dan lembar pengamatan
3. Penilaian
hasil : Tes tertulis butir soal
4. Penilaian
proses
Format
Penilaian Proses
No
|
Nama
Kelompok
|
Aspek yang dinilai
|
Jml
skor
|
Ket
|
|||||||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerja
sama
|
Ketepatan
|
||||||||||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Rubrik
Penilaian :
Keaktifan:
Skor
4 jika semua anggota kelompok ikut aktif
Skor
3 Jika hanya 3 anggota dalam kelompok yang aktif.
Skor
2 jika hanya 2 anggota dalam kelompok yang aktif.
Skor
1 jika hanya 1 anggota dalam kelompok yang aktif.
Kerja
sama :
Skor
4 jika semua siswa dapat bekerja sama dalam kelompok
Skor
3 jika hanya 3 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
Skor
2 jika hanya 2 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
Skor
1 jika hanya 1 siswa yang bekerja dalam kelompok
Keberanian
:
Skor
4 jika semua anggota kelompok berani untuk tampil dan berusaha
menjawab
pertanyaan
Skor
3 jika hanya 3 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha
menjawab
pertanyaan
Skor
2 jika hanya 2 orang anggota kelompok yang berani tampil dan
berusaha
menjawab pertanyaan
Skor
1 jika hanya 1 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha
menjawab
pertanyaan
Ketepatan
:
Skor
4 jika semua jawaban dari kelompok tersebut benar
Skor
3 jika hanya 75% jawaban dari kelompok benar
Skor
2 jika hanya 50 % jawaban dari kelompok benar
Skor
1 jika hanya 25 % jawaban dari kelompok
1) Lembar
Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Total skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penskoran :
Kriteria skor siswa : 0,0 – 2,5 : Sangat kurang
2,6 – 4,5 : Kurang
4,6 – 6,5 : Cukup
6,6 – 8,5 : Baik
8,6 – 10 : Sangat baik
2) Isilah
titik-titik dibawah ini dengan tepat!
a. Ciri
tumbuhan hijau adalah adanya.......................
b. Zat
hijau daun (klorofil) terdapat pada.............................
c. Proses pengolahan/pembuatan makanan
pada tumbuhan hijau disebut..........
d. Proses fotosintesis pada tumbuhan
hijau terjadi pada bagian..........................
e. Proses fotosintesis menghasilkan
zat....................................
3) Jawablah
dengan singkat dan jelas!
a. Jelaskan pengertian tumbuhan hijau!
b. Jelaskan
apa yang dimaksud fotosintesis!
Kunci
jawaban:
Jawaban
isian :
a.
Klorofil (zat hijau daun). (skor 1) d. Daun. (skor 1)
b.
Kloroplas. (skor 1) e.
Karbohidrat. (skor 1)
c.
Fotosintesis. (skor 1)
Jawaban
essay
a. Tumbuhan
yang memiliki zat hijau daun (klorofil) dan yang mampu membuat makanan sendiri.
(skor 3)
b.
Proses
pengolahan/pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. (skor 2)
Kriteria
skor siswa :
0,0
– 2,5 :
Sangat kurang
2,6 –
4,5 :
Kurang
4,6 –
6,5 :
Cukup
6,6 –
8,5 :
Baik
8,6 –
10 :
Sangat baik
c.
LEMBAR
KERJA SISWA
Mata Pelajaran : Sains
Kelas :
V
Waktu :
30 menit
Materi :
Fotosintesis
Tujuan:
Untuk
membuktikan bahwa proses fotosintesis memerlukan cahaya matahari.
Alat dan Bahan
1.
Tanaman berdaun hijau
2.
Kertas rokok atau kertas yang
tidak tembus sinar matahari (misalnya kertas aluminium)
3.
Air panas 20 ml-30 ml
4.
Alkohol 20 ml-30 ml
5.
Larutan Iodium
Langkah-langkah Kegiatan
1.
Pilihlah tanaman berdaun hijau
yang subur dan mendapat sinar matahari yang merata. (kerjakan di rumah)
2.
Sebelum matahari terbit,
tutuplah ¼ bagian dari 3 helai daun dengan kertas timah dan ¾ bagian dari helai
daun tersebut terbuka. (kerjakan di rumah)
3.
Petiklah ketiga daun tersebut
pada sore harinya. (kerjakan di rumah)
4.
Masukkan daun pertama ke dalam
air panas selama 5 menit.
5.
Masukkanlah daun kedua ke dalam
alkohol yang panas selama 5 menit.
6.
Masukkan daun ketiga ke dalam
larutan Iodium selama 5 menit.
7.
Amati dan catat hasil
pengamatanmu pada tabel berikut.
8.
Diskusikanlah bersama teman dan
gurumu mengenai hasil pengamatan yang kamu lakukan.
Tabel Hasil Pengamatan
Warna Daun
Keadaan Daun
|
Warna Daun
|
|
Daun yang Tidak Tertutup Kertas Rokok/Timah
|
Daun yang Tertutup Kertas Rokok/Timah
|
|
Sebelum dimasukkan ke dalam air
panas
|
|
|
Sesudah dimasukkan ke dalam air panas
|
|
|
Setelah dimasukkan ke dalam
alkohol panas
|
|
|
Setelah dimasukkan ke dalam iodium
|
|
|
Jawablah pertanyaan berikut
1.
Apa fungsi alkohol dan larutan
Iodium pada kegiatan ini?
2.
Apakah warna daun berubah
setelah dimasukkan ke dalam alkohol dan larutan Iodium?
3.
Mengapa warna daun hasil percobaan
pada daun yang ditutup dan yang tidak ditutup berbeda?
4.
Apakah kesimpulan yang kamu
peroleh dari kegiatan ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar