ADS

Kamis, 28 Januari 2016

Contoh RPP IPA SD terbaru


Rounded Rectangle: NAMA MHS:  
NIM/KLS      

 




RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                   : SDN
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                      : V/1
Standar Kompetensi             :
2.    Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Kompetensi Dasar                 :          
2.1     Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.
Indikator                                :
1.    Menyebutkan contoh tumbuhan hijau.
2.    Menjelaskan pengertian tumbuhan hijau.
3.    Membuat skema proses fotosintesis.
4.    Menjelaskan proses fotosintesis.
5.    Menyebutkan bahan yang digunakan untuk berfotosintesis dan hasil dari fotosintesis.
Alokasi Waktu                       : 2 Jam Pelajaran (2 x 35 menit)
Tujuan                                   :          
1.    Melalui pengamatan siswa dapat menyebutkan contoh tumbuhan hijau.
2.    Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuhan hijau.
3.    Melalui percobaan siswa dapat membuat skema proses fotosintesis.
4.    Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan proses fotosintesis.
5.    Melalui eksperimen siswa dapat menyebutkan bahan yang digunakan untuk berfotosintesis dan hasil dari fotosintesis.


A. Materi Ajar/Uraian Materi:
Cara Tumbuhan Hijau Membuat Makanan
Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri. Cara tumbuhan membuat makanannya itu disebut fotosintesis. Istilah fotosintesis berasal dari bahasa Yunani, yang artinya pembentukan makanan menggunakan cahaya (foto=cahaya, sintesis=pembentukan). Cahaya dapat berasal dari matahari ataupun lampu. Cahaya diserap oleh tumbuhan melalui zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil terdapat pada kloroplas di dalam sel-sel daun. Tumbuhan membuat makanannya di dalam kloroplas. Bahan-bahan yang digunakan tumbuhan untuk membuat makanannya adalah zat hijau daun, air, karbondioksida, dan cahaya matahari ataupun lampu. Air diperoleh tumbuhan dari dalam tanah. Air dari tanah diserap oleh akar. Setelah itu, air disalurkan ke daun melalui pembuluh angkut (xilem). Gas karbondioksida diperoleh dari udara yang masuk ke dalam mulut daun (stomata). Adapun cahaya diserap oleh klorofil.
 









Secara singkat, proses fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut.


 



Proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat (zat makanan) yang digunakan untuk tumbuh, berbunga, dan berbuah.


B. Model Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.    Model Pendekatan        : Keterampilan Proses
2.    Metode Pembelajaran    :
-     Pengamatan
-     Penugasan
-     Diskusi
-     Eksperimen
-     Tanya jawab
C. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
-     Menyampaikan salam pembuka.
-     Koordinasi kelas.
-     Menyampaikan tujuan dan langkah belajar.
-     Memberikan apersepsi:
·      Guru menanyakan kepada siswa:
a. Dari mana kalian memenuhi kebutuhan makanan? (tumbuhan dan hewan)
b. Hewan dari mana memenuhi kebutuhan makanan? (tumbuhan dan hewan lainnya)
c. Tumbuhan dari mana memenuhi kebutuhan makanan? (membuat sendiri)
2. Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
-        Guru menugaskan siswa mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan.
-        Guru menanyakan kepada siswa:
a. Tumbuhan apa saja yang kalian amati?
b. Apa saja warna tumbuhan tersebut?
c. Apa yang dimaksud dengan tumbuhan hijau?
d. Bagaimana cara tumbuhan hijau membuat makanan sendiri?
e. Bahan apa saja yang diperlukan untuk berfotosintesis dan apa saja hasil dari fotosintesis?


b.      Elaborasi
-        Siswa secara berkelompok mengamati berbagai jenis tanaman yang ada di lingkungan.
-        Siswa secara berkelompok mendiskusikan jawaban dari pertanyaan guru tentang tumbuhan yang diamati.
-        Setelah siswa selesai berdiskusi, siswa bersama dengan guru membahas pertanyaan tersebut.
-        Siswa secara berkelompok mendiskusikan LKS yang diberikan oleh guru.
-        Siswa secara berkelompok melakukan eksperimen dengan dibimbing oleh guru dan mencatat hasilnya sesuai dengan LKS.
-        Setelah bereksperimen, siswa berdiskusi bersama anggota kelompoknya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada LKS.
-        Salah satu kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain memperhatikan serta menanggapinya.
-        Guru bersama-sama dengan siswa membahas hasil diskusi LKS.
c.       Konfirmasi
-        Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap hasil belajar siswa.
-        Guru memberikan refleksi terhadap hasil belajar siswa.
3. Kegiatan Penutup
-     Guru bersama-sama dengan siswa menyimpulkan pelajaran.
-     Guru mengevaluasi kegiatan siswa.
-     Guru memberikan penugasan untuk mengerjakan soal-soal tentang tumbuhan hijau  pada buku latihan.
-     Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
D. Sumber/Media Pembelajaran
1.    Buku sains kelas V.
-     Rositawaty, S dan Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 5: untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
2.    Tumbuhan hijau

E. Penilaian :
1.    Teknik Penilaian                        :  Tes tulis dan non tes
2.    Bentuk Instrumen                      :  Isian, uraian, dan lembar pengamatan
3.    Penilaian hasil : Tes tertulis butir soal
4.    Penilaian proses

Format Penilaian Proses
No
Nama
Kelompok
Aspek yang dinilai
Jml
skor
Ket
Keaktifan
Keberanian

Kerja sama
Ketepatan


1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4











































Keterangan:
Rubrik Penilaian :
Keaktifan:
Skor 4 jika semua anggota kelompok ikut aktif
Skor 3 Jika hanya 3 anggota dalam kelompok yang aktif.
Skor 2 jika hanya 2 anggota dalam kelompok yang aktif.
Skor 1 jika hanya 1 anggota dalam kelompok yang aktif.
Kerja sama :
Skor 4 jika semua siswa dapat bekerja sama dalam kelompok
Skor 3 jika hanya 3 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
Skor 2 jika hanya 2 orang siswa yang bekerja sama dalam kelompok
Skor 1 jika hanya 1 siswa yang bekerja dalam kelompok
Keberanian :
Skor 4 jika semua anggota kelompok berani untuk tampil dan berusaha
menjawab pertanyaan
Skor 3 jika hanya 3 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha
menjawab pertanyaan
Skor 2 jika hanya 2 orang anggota kelompok yang berani tampil dan
berusaha menjawab pertanyaan
Skor 1 jika hanya 1 orang anggota kelompok yang berani tampil dan berusaha
menjawab pertanyaan
Ketepatan :
Skor 4 jika semua jawaban dari kelompok tersebut benar
Skor 3 jika hanya 75% jawaban dari kelompok benar
Skor 2 jika hanya 50 % jawaban dari kelompok benar
Skor 1 jika hanya 25 % jawaban dari kelompok


1)      Lembar Pengamatan
 No
Nama Siswa
Aspek
Total skor
1
2
3
4



































Keterangan:
1.      Ketepatan hasil (0-5)
2.      Kerjasama dalam kelompok (0-5)
3.      Kemampuan mengajukan pertanyaan (0-5)
4.      Kemampuan menjawab pertanyaan (0-5)
 



                Penskoran                :
                Kriteria skor siswa  :           0,0 – 2,5          : Sangat kurang
                                                            2,6 – 4,5          : Kurang
                                                            4,6 – 6,5          : Cukup
                                                            6,6 – 8,5          : Baik
                                                            8,6 – 10           : Sangat baik
2)      Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat!
a.    Ciri tumbuhan hijau adalah adanya.......................
b.    Zat hijau daun (klorofil) terdapat pada.............................
c.                Proses pengolahan/pembuatan makanan pada tumbuhan hijau disebut..........
d.               Proses fotosintesis pada tumbuhan hijau terjadi pada bagian..........................
e.                Proses fotosintesis menghasilkan zat....................................
3)      Jawablah dengan singkat dan jelas!
a.                Jelaskan pengertian tumbuhan hijau!
b.    Jelaskan apa yang dimaksud fotosintesis!
Kunci jawaban:
Jawaban isian  :
a. Klorofil (zat hijau daun). (skor 1)                d. Daun. (skor 1)
b. Kloroplas. (skor 1)                                       e. Karbohidrat. (skor 1)
c. Fotosintesis. (skor 1)
Jawaban essay
a.    Tumbuhan yang memiliki zat hijau daun (klorofil) dan yang mampu membuat makanan sendiri. (skor 3)
b.    Proses pengolahan/pembuatan makanan pada tumbuhan hijau. (skor 2)
Kriteria skor siswa :
                                                0,0 – 2,5          : Sangat kurang
                                                2,6 – 4,5          : Kurang
                                                4,6 – 6,5          : Cukup
                                                6,6 – 8,5          : Baik
                                                8,6 – 10           : Sangat baik

c.     
LEMBAR KERJA SISWA

Mata Pelajaran            : Sains
Kelas                           : V                                          
Waktu                         : 30 menit
Materi                          : Fotosintesis
Tujuan:
Untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis memerlukan cahaya matahari.
Alat dan Bahan
1.    Tanaman berdaun hijau
2.    Kertas rokok atau kertas yang tidak tembus sinar matahari (misalnya kertas aluminium)
3.    Air panas 20 ml-30 ml
4.    Alkohol 20 ml-30 ml
5.    Larutan Iodium
Langkah-langkah Kegiatan


 







1.    Pilihlah tanaman berdaun hijau yang subur dan mendapat sinar matahari yang merata. (kerjakan di rumah)
2.    Sebelum matahari terbit, tutuplah ¼ bagian dari 3 helai daun dengan kertas timah dan ¾ bagian dari helai daun tersebut terbuka. (kerjakan di rumah)
3.    Petiklah ketiga daun tersebut pada sore harinya. (kerjakan di rumah)
4.    Masukkan daun pertama ke dalam air panas selama 5 menit.
5.    Masukkanlah daun kedua ke dalam alkohol yang panas selama 5 menit.
6.    Masukkan daun ketiga ke dalam larutan Iodium selama 5 menit.
7.    Amati dan catat hasil pengamatanmu pada tabel berikut.
8.    Diskusikanlah bersama teman dan gurumu mengenai hasil pengamatan yang kamu lakukan.
Tabel Hasil Pengamatan Warna Daun


Keadaan Daun

Warna Daun
Daun yang Tidak Tertutup Kertas Rokok/Timah
Daun yang Tertutup Kertas Rokok/Timah
Sebelum dimasukkan ke dalam air panas


Sesudah dimasukkan ke dalam  air panas


Setelah dimasukkan ke dalam alkohol panas


Setelah dimasukkan ke dalam iodium



Jawablah pertanyaan berikut
1.    Apa fungsi alkohol dan larutan Iodium pada kegiatan ini?
2.    Apakah warna daun berubah setelah dimasukkan ke dalam alkohol dan larutan Iodium?
3.    Mengapa warna daun hasil percobaan pada daun yang ditutup dan yang tidak ditutup berbeda?
4.    Apakah kesimpulan yang kamu peroleh dari kegiatan ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar